Friday, July 26, 2019

Indonesia Semakin Suka Informasi Di Media Sosial

Informasi merupakan sebuah hal yang sangat penting ketika ini. Bahkan sebelum adanya alat komunikasi canggih menyerupai ketika ini, sebuah informasi sangat diminati oleh masyarakat sehingga mereka rela membeli surat kabar, bahkan hingga berlangganan serta tahan berada cukup usang di depan layar televisi hanya untuk mendapat sebuah informasi. Dengan adanya kemajuan teknologi ketika ini, masyarakat semakin dimudahkan untuk mendapat informasi perihal perkembangan yang terjadi setiap waktu.


Adanya internet dan beberapa hal lain yang mengikutinya, menciptakan perkembangan dan penyampaian informasi kepada khalayk menjadi semakin mudah. Ditambah lagi dengan adanya sosial media yang sanggup menghubungan kita dengan banyak orang hanya dengan mengakses masuk ke sosial media tersebut. Kita sanggup menyebarkan banyak kepada orang lain melalui social media hanya dalam waktu yang begitu cepat, secepat koneksi yang sanggup menhantarkan informasi tersebut kepada banyak orang.

Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan media menyerupai sosial media sangat pesat. Hal tersebut kuat dengan persebaran informasi. Semakin banyak media yang digunakan, maka semakin cepat pula sebuah informasi diterima oleh masyarakat. Saat ini masyarakat lebih suka merujuk kepada sosial media untuk mendapat informasi terkini perihal sebuah kejadian atau yang lainnya.


Kesukaan tersebut secara otomatis mengubah cara kerja banyak profesi, tidak terkecuali wartawan dan pegawanegeri pemerintah. Hal itu terungkap dalam diskusi panel BBC Indonesia dengan narasumber redaktur pelaksana Radio Elshinta FM, Haryo Ristamaji, pemimpin redaksi detik.com, Arifin Arsydhad, dan Sara Schonhart dari Wallstreet Journal.

Diskusi dimulai dengan kilas balik Radio Elshinta FM yang semenjak bangun di tahun 1968 telah mengalami banyak perubahan. “Kita sudah memprediksi bahwa radio kelak akan ditinggalkan dan orang beralih ke gadget, kita harus benar-benar mengikuti reformasi mengenai bagaimana kita mempublikasikan konten ke publik, dengan media apa itu penting,” kata Haryo. “Radio punya karakteristik yang cepat, dan seiring waktu cara penyampaian konten berubah tapi yang tidak berubah yakni konten,” kata Haryo Ristamaji.

Haryo berkata bahwa radio Elshinta FM yang merupakan radio kawan pertama BBC Indonesia berguru banyak dari BBC perihal pemberitaan yang berimbang. Berbagi isu melalui aplikasi chat yang dilakukan BBC News dengan layanan isu di Line app juga dilakukan oleh media lain, menyerupai Wall Street Journal sebagaimana disampaikan oleh Sara Schonhart.

Perkembangan teknologi internet mengantarkan media umum yang ada ketika ini sebagai media penting yang sanggup dijadikan sebagai sumber berita. “Kami masuk ke media umum alasannya yakni ingin dibaca banyak orang, tapi di sisi lain sosmed memperlihatkan perspektif dan kami setiap hari minta masukan dari pembaca lewat social media,” kata Arifin dari detikcom.

Keuntungan lain yang sanggup didapatkan dari adanya pentebaran konten melalui media umum berdasarkan Arifin yakni pembaca sanggup menyebarkan isu dan jangkauan isu sebuah media semakin luas. BBC Indonesia sendiri telah hadir di media umum melalui Facebook, Twitter dan Youtube. Dengan memanfaat media yang ada, dibutuhkan sanggup membantu penyampaikan informasi yang lebih cepat kepada masyarakat.

Dengan semakin banyaknya gadget dengan harga bersahabat, paket internet yang murah meriah, serta tingginya kebutuhan masyarakat akan informasi sanggup disalurkan dengan baik melalui media-media yang ada terutama melalui media umum yang sekarang terus berkembang dan mempunyai peminat yag sangat banyak dari kalangan masyarakat yang haus akan teknologi, bersosialisasi, dan tentunya saja mereka yang haus akan informasi.

Blogger Lampung Abal - Abal yang Sedang Belajar.


EmoticonEmoticon