Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Jengkol Sambal Balado Pedas Nikmat

Goreng jengkol balado

Memasak Sambal Jengkol bukanlah tugas yang sulit. Kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana yang diberikan di bawah ini dan Kalian akan dapat membuat hidangan lezat ini dalam waktu singkat.
 
Pastikan kalian memasak sambal jengkol dengan benar. Sambal yang terlalu matang akan menjadi kering dan tidak enak, sedangkan sambal yang kurang matang akan berminyak dan hambar.
 
Apakah Anda tengah ingin menemukan ide untuk resep Jengkol Sambal Balado yang sangat lezat? Cara membuatnya cukup mudah dan tidak ribet. Jika penanganannya tidak tepat, hasilnya dapat kurang memuaskan dan cenderung tidak enak. Memang, Jengkol Sambal Balado yang baik harus memiliki aroma dan rasa yang sanggup menggugah selera kita.

Ada banyak perihal yang pengaruhi mutu rasa Jengkol Sambal Balado didalam satu atau lain cara, pertama kualitas bahan, sesudah itu pilihan bahan yang segar, bagaimana mereka disiapkan dan disajikan. Jangan khawatir jikalau Anda ingin buat persiapan Jengkol Sambal Balado lezat di rumah, sebab jika Anda mengerti triknya, hidangan ini bisa menjadi istimewa.

Banyak orang yang ragu untuk memasak Jengkol Sambal Balado gara-gara cemas makanannya tidak enak. Ada banyak hal yang memengaruhi mutu rasa Jengkol Sambal Balado. Dimulai dari kualitas peralatan masak, selalu pastikan Anda pakai peralatan dapur yang baik dan bersih.

Selain mutu peralatan masak, kualitas bahan yang digunakan terhitung berdampak terhadap kualitas rasa, supaya sebaiknya memakai bahan yang masih segar. Tenang dan jangan terburu-buru adalah perihal yang mampu memengaruhi rasa makanan!

Nah kali ini yuk coba kamu siapkan Jengkol Sambal Balado yang nikmat di rumah. Dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberikan daya untuk mendukung memelihara kesegaran tubuh kamu dan keluarga.

Anda bisa membuat Jengkol Sambal Balado memakai bahan dan langkah-langkah yang telah disebutkan di bawah ini untuk membuatnya. Berikut cara membuat hidangannya.
 

Bahan Jengkol Sambal Balado :

  1. 400 gr Jengkol (pilih yg tua)
  2. 150 gr Cabe merah besar
  3. 8 buah Cabe rawit merah
  4. 10 bh Bawang merah
  5. 3 bh Bawang putih
  6. 1 bh Tomat
  7. 5 lbr Daun Jeruk
  8. 3 lbr Daun salam
  9. Garam, Gula, Air asam jawa

Cara masak Jengkol Sambal Balado :

  • Jengkol direndam semalaman dan ganti airnya bbrp kali, lalu cuci bersih dan rebus hingga empuk. Kemudian goreng dan pipihkan
  • Ulek bawang merah & bawang putih, sisihkan
  • Cabe merah besar belah buang biji, lalu ditumbuk kasar (cabe sy potg2 dulu agar lebih mudah ditumbuk)
  • Panaskan minyak di wajan, tumis duo bawang hingga harum dan layu
  • Masukkan tomat yg sudah dipotong2 (pilih yg matang) dan oseng2 hingga layu
  • Masukkan cabe yg sudah diulek, tambahin daun jeruk, daun salam dan aduk trus hingga berminyak
  • Masukkan jengkol, kasi garam, gula, dan air secukupnya (boleh tambahin bubuk kaldu jk suka)
  • Tambahin air asam jawa dan jgn lupa koreksi rasa

*Tips Rebus Jengkol

Rebus bersama daun jeruk/daun salam + serai untuk mengurangi bau jengkol. Ada juga yang rebus pake kopi untuk menetralisir baunya.

Akhir Kata

Sangat enteng dan pasti akan membuat situasi makan bersama keluarga tambah seru. Ayo, jangan ragu-ragu untuk memasak Jengkol Sambal Balado! Jika resep ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman Anda.

Terima kasih telah pakai resep yang kami sediakan di sini. Semoga karena mudahnya persiapan di atas bisa membantu Anda dalam mempersiapkan hidangan lezat untuk keluarga/teman atau jadi gagasan bagi Anda yang ingin berbisnis kuliner. Semoga sukses dan terimakasi!


Post a Comment for "Resep Jengkol Sambal Balado Pedas Nikmat"